Menabung Sejak Balita, Kenapa Tidak? Ini Dia Tips Mengajarinya!

Menabung memiliki banyak manfaat yang bisa mempermudah hidup kita. Jadi, mengapa tak mengajarkannya sejak dini kepada buah hati kita? Usia dini adalah masa-masa yang tepat untuk mengajarkan banyak hal yang menunjang kehidupan mereka setelah dewasa. Jika kita telaten mengajari buah hati untuk rajin menabung, saat mereka dewasa, mereka akan menghargai uang dan mengelolanya dengan bijaksana. Tapi, bagaimana cara mengajari balita menabung? Tenang. Ini dia tipsnya untuk mengajari mereka:

(Pic. from Hello Sehat)

Kenalkan konsep uang pada si buah hati

Sebelum mengajari buah hati Anda untuk menabung, ajarkan dahulu konsep uang secara sederhana. Pastikan bahasa yang Anda gunakan sesuai dengan bahasa yang mudah dipahami anak-anak. Terlebih dahulu ajari dia membedakan nilai uang, darimana mendapatkannya dan apa gunanya. Anda bisa menjelaskannya dengan contoh. Misal: Sambil menunjukkan uang 10rb, Anda mengatakan, “Dengan uang ini, dedek bisa beli semangkok bakso.” Kuncinya, jadilah kreatif dan ciptakan suasana menyenangkan saat mengajari buah hati agar ia senang dan mudah memahami.

(Pic. from KreditGoGo.com)

Ajari sambil bermain

Usia balita adalah usia anak-anak masih senang bermain. Ajarilah si buah hati sambil bermain, karena ini akan menjadi kesempatan dan cara yang efektif agar mereka mudah memahami. Anda bisa menggunakan permainan seperti Monopoli. Permainan itu menggunakan uang mainan. Pelan-pelan tunjukkan kepada buah hati berbagai macam nilai uang. Sambil asik bermain, si buah hati akan menyerap pengenal akan uang sesuai kemampuannya.

(Pic. from Buahatiku)

Menabung di celengan

Ini juga cara lain yang pas untuk Anda terapkan, yaitu mengajarinya menabung di celengan. Beri dia pengertian, sekali lagi dengan bahasa yang ia mengerti, bahwa menabung banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah ketika kita tiba-tiba membutuhkan barang yang sangat kita perlukan, kita tidak usah bingung karena sudah ada uang hasil dari menabung. Biarkan ia memilih bentuk celengan yang ia suka untuk menambah semangat menabung.

READ  Tips Bikin Si Kecil Semangat Mandi

Beritahu tujuan menabung

Untuk membuat si buah hati disiplin dan semangat menabung, Anda perlu memberitahu tentang tujuan menabung. Misalnya, ketika si buah hati menginginkan sesuatu, ajak ia untuk menabung terlebih dahulu dengan menyisihkan sebagian uang saku yang Anda berikan padanya. Dengan begitu, Anda mengajarinya bahwa untuk mendapatkan sesuatu memerlukan perjuangan. Salah satunya adalah dengan rajin menabung.

(Pic. from IDN Times)

Jadilah contoh bagi buah hati

Anak-anak paling pintar meniru. Mereka senang meniru apa yang orang-orang disekelilingnya lakukan. Ini kesempatan bagus untuk Anda memberinya contoh menabung di celengan. Sisihkan yang belanja dan masukkan di celengan dengan sepengetahuan si buah hati agar ia pun meniru Anda.

Ajari si buah hati berbagi

Selain mengajari si buah hati untuk berhemat dengan menabung, Anda bisa sekaligus mengajarinya untuk berbagi. Beri ia pengertian bawah uang yang ditabung tidak hanya untuk membeli barang-barang kebutuhan kita, tetapi juga bisa untuk diberikan pada panti asuhan atau mereka yang sedang membutuhkan bantuan. Nah, Ayah, Bunda, selamat mengajari si buah hati.

 

Lakumarket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *