4 Tips Menjaga Kesehatan Dimusim Hujan

Di beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai turun hujan. Perubahan musim bisa berpengaruh terhadap kesehatan, terutama jika kita tidak menjaganya dengan baik. Mikroorganisme yang menyebabkan tubuh sakit mendapatkan kesempatan pada musim hujan untuk menyerang manusia, demikian pernyataan dari Kementeerian Kesehatan. Mungkin ada beberapa dari Anda berangkat kerja kehujanan, pulang pun kehujanan. Ini bisa membuat daya tahan tubuh menurun sehingga makin mudah terserang penyakit. Tenang, ada 4 cara yang bisa Anda terapkan dimusim hujan ini.

(Pic. from Women Fitness)

Menjaga pola makan

Jika setiap hari kita membutuhkan asupan gizi yang cukup, pada musim hujan kita lebih membutuhkan lebih lagi. Untuk memenuhi asupan gizi tersebut, tubuh kita harus cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan serta karbohidrat baik dan minuman-minuman yang menyehatkan. Pastikan Anda tetap menjaga frekuensi makan yang teratur dan usahakan tidak melewatkan sarapan. 15 sampai 30 persen kebutuhan gizi harian terpenuhi dari sarapan. Jam terbaik untuk sarapan adalah mulai bangun tidur sampai sebelum pukul 9 pagi. Selain itu, untuk mencegah serangan diare dan flu, ada baiknya Anda mengonsumsi probiotik, seperti tahu-tempe, yogurt dan acar.

(Pic. from IDN Times)

Rutin berolahraga

Ini yang sering kita abaikan, karena mungkin begitu banyak aktivitas dan tugas setiap hari yang harus kita lakukan dan selesaikan. Padahal, minimal 30 menit saja olah raga setiap hari bisa membuat tubuh Anda bugar dan tubuh menjadi aktif menghasilkan darah putih. Sel darah putih ini mampu membuat tubuh memiliki pertahanan dan cepat pulih jika terdapat bagian-bagian yang mengalami peradangan. Ketika kita membahas olah raga, jangan langsung berpikiran tentang olah raga berat di luar ruangan. Olah raga pun bisa Anda lakukan di dalam ruangan. Jadi meski hujan, Anda tetap bisa berolah raga. Olah raga yang bisa Anda lakukan dalam ruangan antara lain, jogging, sit up, push up, jumping jack dan jika ada tangga di rumah, Anda bisa naik-turun tangga.

READ  3 Tips Alami Atasi Kerontokan Rambut

(Pic. from Young and Raw)

Istirahat dan tidur yang cukup

Pekerjaan memang tidak akan ada habisnya, tetapi tubuh tetap membutuhkan istirahat yang cukup. Anda perlu menjaga kualitas tidur, sebab ini penting untuk memelihara kesehatan. Anak prasekolah (3-5 tahun) membutuhkan tidur selama sekitar 10 sampai 13 jam; usia 6-13 membutuhkan 9 sampai 11 jam, usia 14-17, 8-10 jam sementara usia 18-25 dan 26-64 disarankan mendapatkan cukup tidur selama 7 sampai 9 jam. Tubuh memerlukan istirahat dan tidur untuk memulihkan seluruh sistem dan sel anggota tubuh.  Jadi pastikan tubuh Anda mendapatkan porsi tidur yang cukup.

(Pic. from Techno.id)

Mengelola stres dengan baik

Stres bisa disebabkan oleh apa saja, termasuk datangnya musim hujan. Anda mungkin terlambat menghadiri meeting, gara-gara hujan dan membuat atasan uringan-uringan. Atau, Anda jadi tidak bebas melakukan aktivitas karena terhalang hujan yang turun tak terduga. Semua itu bisa menyebabkan detak jantung meningkat cepat, gelisah atau mudah lelah. Semua itu adalah akibat dari stres, yang jika tidak diatasi dengan baik akan berdampak pada kinerja Anda.

Salah satu cara mengelola stres adalah dengan relaksasi. Ini bisa Anda lakukan dimana saja bahkan mungkin sambil menunggu hujan reda. Cara paling sederhana untuk relaksasi adalah membiarkan tubuh Anda menerima rangsangan berbentuk apapun, entah berupa sentuhan, bau atau suara yang menenangkan sambil mengambil napas panjang dan menghembuskannya pelan-pelan secara berulang-ulang sampai Anda merasa tenang.

 

Lakumarket 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *