tips selalu fokus

4 Tips Selalu Fokus untuk Entrepreneur

Halo entrepreneur dimanapun berada! Apa kabar bisnis Anda? Tentunya tak mudah jika Anda adalah entrepreneur yang menjalankan usaha dengan banyak cabang. Belum lagi aktivitas dan jadwal lain yang juga menuntut energi, perhatian dan tentu saja, waktu. Berikut ini 4 tips selalu fokus untuk entrepreneur yang bisa Anda coba.

Ada begitu banyak peran yang harus Anda lakukan setiap harinya, bukan? Tentu kadang ada masanya Anda tidak bisa fokus karena kelelahan. Tenang, gagal fokus ada solusinya. Anda perlu secara konsisten melakukannya agar hasil dan manfaatnya bisa lebih optimal Anda rasakan.

Komitmen. Itulah yang akan membuat Anda bertahan konsisten melakukan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan. Tanpa komitmen kuat, apapun tidak akan berhasil Anda raih.

tips selalu fokus

(Pic. from Masterfile)

4 tips selalu fokus untuk entrepreneur yang layak Anda coba:

1. Tentukan goals/tujuan-tujuan yang jelas

Sering kali karena tujuan yang kurang jelas, Anda menghabiskan energi dan waktu untuk sesuatu yang salah. Jelas ada bedanya ketika Anda bertujuan menjadi pengusaha kecil dan pengusaha yang selalu memiliki terobosan baru. Langkah-langkah yang Anda ambil pun jelas berbeda, pun strategi serta rencana-rencana Anda.

Jadi, cobalah untuk meneliti lagi apakah tujuan Anda sudah cukup spesifik.

2. Jabarkan tujuan Anda

Setelah menentukan tujuan besar Anda, langkah selanjutnya adalah memecah-mecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan spesifik. Misalnya: Tujuan besar Anda adalah menjadi penulis best seller novel roman.Apa saja yang akan Anda lakukan untuk mencapainya? Tentu Anda mulai dari tujuan-tujuan/target-target kecil bukan?

Maka, berikut ini adalah target’target kecil Anda:

  • Banyak membaca
  • Sering menulis
  • Terus belajar dari banyak penulis ternama melalui karya-karya mereka
  • Konsisten dan kontin
READ  6 Langkah Cepat Akrab dengan Rekan Kerja Anda

Niscaya, jika setiap target yang Anda tulis itu sungguh Anda lakukan, maka Anda akan mencapai tujuan besar Anda.

3. Temukan dan kembangkan passion Anda

Banyak orang sekarang bekerja tidak sesuai dengan passion-nya. Akibatnya, mereka melakukan dengan asal-asalan dan tidak optimal. Hasilnya juga sudah bisa dipastikan tidak optimal pula. Ingin berhenti dari pekerjaan, butuh uang. Jika diteruskan, kerja tanpa semangat. Mau sampai kapan? Iya kan? Bagaimana dengan Anda?

Nah, pastikan Anda menemukan passion Anda. Apa sih passion? Hobi yang Anda lakukan berulang-ulang dengan perasaan senang dan gairah yang tinggi. Jadi, sudahkah menemukan passion Anda?

Dan ketika bicara soal passion, tidak perlu melihat ke sekeliling, kemudian minder dengan apa yang Anda sukai. Bisa saja passion Anda memang unik dan lain daripada yang lain, karena Tuhan menciptakan kita berbeda-beda dengan skill yang berbeda pula.

4. Bentengi diri Anda dari pencuri waktu

Tidak hanya wanita, tetapi juga pria rentan terhadap pencuri waktu. Apa saja sih pencuri waktu itu? Untuk wanita, sinetron, drama bersambung, iklan yang bersisi diskon besar dan chat dari teman dekat adalah beberapa contoh pencuri waktu.

sementara bagi pria, pencuri waktunya bisa berupa pertandingan sepak bola, hangout tiap hari dengan teman atau games di HP.

Bukan berarti semua itu lantas mati-matian Anda hindari. Hanya saja, untuk meraih sesuatu yang besar, tentu pengorbanan dan perjuangannya pun juga besar. Anda perlu membatasi diri dengan para pencuri waktu.

Jadi, misalnya jika selama ini Anda nge-game seharian, batasi hanya 2 jam sehari dan lakukan secara kontinu. Niscaya lama-kelamaan Anda pun akan terbiasa. Jika kebiasaan baik ternyata bisa dibentuk, jadi mengapa tidak? Kebiasaan baik akan mengarahkan Anda pada hal-hal yang baik pula.

READ  10 Makanan Wajib Untuk Anda yang Bekerja Sambil Duduk Hampir Sepanjang Hari

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *